Mei 30, 2024

 

Hallo sobat Milly?
How are you today? Milly harap sobat Milly sehat dan bahagia selalu ya!

Milly datang kembali dengan membawa kabar yang hangat dan menarik untuk sobat Milly baca nih! Kabar tentang salah satu kegiatan dari HMPS Ekonomi Syariah yaitu studi banding.

Pada Hari Kamis (02/05/2024) Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS ES) Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN Saizu) mengadakan studi banding dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS EKOS) Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gusdur). Studi banding ini merupakan salah satu agenda dari Departemen P2R (Pendidikan, Pelatihan, dan Riset) HMPS ES UIN Saizu. Agenda ini bertujuan untuk saling berbagi rancangan program kerja dalam pengelolaan organisasi serta kolaborasi antar organisasi.

Kegiatan studi banding dilaksanakan di room meeting FEBI UIN Gusdur. Pemberangkatan HMPS ES UIN Saizu dilakukan pukul 08.00 WIB dan tiba di UIN Gusdur pada pukul 10.30 WIB.

Kegiatan studi banding yang mengusung tema “Membangun Relasi dan Solidaritas dalam Organisasi untuk Meningkatkan Organisasi yang Unggul dan Berkualitas” ini dipandu oleh Host, Ardi dan Anggri, yang kemudian dilanjutkan sambutan dari kedua ketua HMPS masing-masing, dilanjutkan pula dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mars UIN Saizu dan hymne UIN Gusdur.

Acara inti pada kegiatan Studi Banding ini yaitu sharing session (sesi penyampaian program kerja) oleh ketua HMPS dan CO masing-masing departemen serta sesi FGD (Forum Group Discussion).

Dalam sesi sharing session yang dimulai pukul 13.00 ini, setiap departemen masing-masing HMPS memaparkan mengenai program kerja dan agenda masing-masing. Dimulai dari BPH dan seluruh departemen HMPS EKOS UIN Gusdur kemudian dilanjutkan dengan HMPS ES UIN Saizu. Pemaparan per departemen dilakukan oleh setiap CO departemen selama 10 menit.
Dari hasil pemaparan tersebut, kita dapat menyamakan hubungan antar departemen HMPS EKOS dengan HMPS ES, diantaranya:
1. Departemen Keilmuan= Departemen Pendidikan, Pelatihan, dan Riset
2. Departemen Sumber Daya Insani= Departemen Bakat dan Minat
3. Departemen Informasi dan Komunikasi
4. Departemen Bisnis dan Kewirausahaan= Departemen Ekonomi dan Kewirausahaan
5. Departemen Eksternal dan Advokasi= Departemen Advokasi Sosial Agama

Kita juga dapat membandingkan kesamaan dan perbedaan program kerja dan agenda antar departemen. Ada beberapa program kerja satu departemen HMPS ES UIN Saizu, menjadi program kerja atau agenda departemen lain di HMPS EKOS UIN Gusdur. Salah satu contohnya yakni, kegiatan studi banding sendiri yang merupakan agenda dari departemen Pendidikan, Pelatihan, dan Riset (P2R) HMPS ES UIN Saizu menjadi program kerja dari departemen Eksternal dan Advokasi HMPS EKOS UIN Gusdur.

Proses tersebut berlangsung sampai pukul 16.30 WIB. Sesi FGD dilakukan dengan memasangkan departemen HMPS ES UIN Saizu dengan departemen yang ada di HMPS EKOS UIN Gusdur yang memiliki kesamaan tugas pokok dan fungsi dalam menjalankan kinerja organisasi. Sesi FGD berlangsung dengan antusias dan memberikan harapan yang baik untuk kedepannya. “Dari pihak HMPS EKOS UIN Gusdur sangat antusias menerima kita (HMPS ES UIN Saizu), dengan adanya studi banding ini diharapkan kita bisa melakukan pembaruan program kerja agar lebih variatif dan inovatif serta agar tidak stuck di program kerja yang sudah ada dari periode sebelumnya,” terang Khofifah (PJ Studi Banding HMPS ES UIN Saizu).

Sebelum memasuki acara terakhir dijeda dengan sholat asar berjamaah dan diselingi dengan ice breaking untuk menciptakan keakraban yang hangat. Acara terakhir yaitu pemberian kenang-kenangan kepada HMPS EKOS UIN Gusdur yang kemudian dilanjutkan penutupan oleh host. Setelah itu dilakukan sesi dokumentasi serta pembuatan konten bersama.

Sampai sini dulu ya sobat Milly untuk cerita serunya, tetap stay tune untuk cerita-cerita lain yang tentunya tak kalah seru dari ini untuk sobat Milly tersayang. See you sobat Milly.

Pendidikan, Pelatihan, dan Riset

Semangat mikir, siap bikin orang ketar ketir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *