Juni 13, 2024

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo sahabat Milly,

Gimana nih kabarnya? Milly harap kalian tetep sehat dan semangat terus disetiap harinya

Detik HMPS kembali lagi dengan membawa berita terbaru dan tentunya yang ditunggu-tunggu sama sahabat Milly! Berita tentang salah satu kegiatan di HMPS Ekonomi Syariah yaitu TEKUN (Terjun Untuk Lingkungan)

HMPS Ekonomi Syariah kali ini menyelenggarakan kegiatan Terjun Untuk Lingkungan (TEKUN) yang merupakan salah satu dari program kerja pertama Departemen Advokasi, Sosial dan Agama yang mana di dalam acara tersebut berisi tentang rangkaian kegiatan pengurus HMPS Ekonomi Syariah yang terjun langsung ke masyarakat dengan tujuan untuk belajar mempraktekan ilmu yang sudah dipelajari diperkuliahan dilingkup masyarakat dan mengabdi kepada masyarakat sesuai dengan tri darma perguruan tinggi. Kegiatan Tekun ini suskes dilaksanakan selama 3 minggu setiap weekand yaitu pada tanggal 21/04/2024 – 12/05/2024 yang bertempat Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Adapun rangkaian kegiatan TEKUN selama 3 minggu adalah sebagai berikut:

  1. Bersih – Bersih Lingkungan Desa dan Penyerahan 100 Bibit Pohon Dhamar

Pada minggu pertama tanggal 21/04/2024 pengurus HMPS Ekonomi Syariah melaksanakan kegiatan bersih bersih lingkungan desa sekaligus memperkenalkan identitas HMPS Ekonomi Syariah dan memperkenalkan kegiatan Tekun ini bersama perangkat dan masyarakat Desa Langgongsari. Kegiatan Tekun di minggu pertama ini disambut para masyarakat desa dengan antusias, hal ini bisa dilihat dari banyaknya warga yang ikut berpartisipasi bergotong royong membersihkan lingkungan desa seperti selokan, taman, balai desa, lapangan, aula balai desa dan lain lain. Setelah selesai melakukan bersih bersih desa, pengurus HMPS dan warga membuat forum kecil yang mana didalamnya ada sambutan dari 3 pihak terkait yaitu dari Ketua Pelaksana TEKUN (Ali Nur Hakim), Ketua HMPS Ekonomi Syariah (Ridha Alfisya Rasyidin) dan Kepala Desa Langgogsari (M. Zaenurrohman). Kegiatan Tekun ini didukung penuh oleh Bapak M. Zaenurrohman selaku Kepala Desa Langgongsari, karena begitu pentingnya peran anak – anak muda dalam hal ini mahasiswa itu untuk andil dalam memajukan desa, hal ini disampaikan langsung oleh beliau pada closing statementnya. Setelah selesainya forum kecil tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan 100 bibit pohon dhamar kepada masyarakat Langgongsari yang diwakili oleh Bapak M. Zaenurrohman diakhir acara.

  1. Sosialisasi Gadget dan Seminar Kewirausahaan

Pada minggu kedua tanggal 27/04/2024 pengurus HMPS Ekonomi Syariah melaksanakan kegiatan sosialisasi gadget yang ditujukan kepada siswa/siswi MI Ma’arif 01 Langgongsari, hal ini dilaksanakan karena banyaknya anak – anak dibawah umur itu sudah menggungakan gadget dalam kehidupan sehari – hari maka dari itu kami menghimbau kepada mereka untuk lebih selektif dalam menggunakan gadget jika perlu malah kami melarang mereka untuk bermain gadget karena usia mereka yang masih anak – anak.

Kemudian ditanggal 28/04/2024 pengurus HMPS Ekonomi Syariah melaksankan kegiatan seminar kewirausahaan yang mana ditujukan kepada para UMKM di desa Langgongsari. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi dan menambah wawasan mengenai kewirausahaan yang berada di desa Langgongsari. Seminar ini diisi oleh Ibu Nur Ningsih S. PI yang merupakan Owner UMKM Nila Crispy Sarmila.

  1. Mengajar anak – anak TPQ Al-Barakah, Ziaroh Kubur, Bazar dan HMPS Ekonomi Syariah Bersholawat

Pada minggu ketiga dari tanggal 06/05/2024 – 09/05/2024 Pengurus HMPS Ekonomi Syariah yang dibantu temen temen volunter mengadakan kegiatan mengajar mengaji bersama anak anak TPQ Al-Barakah. Kegiatan tersebut diapresiasi oleh Ustadz Ahmad Suseno selaku pengajar di TPQ Al-Barakah, karena menurut beliau jarang sekali anak muda zaman sekarang itu mau membatu mengajar mengaji anak – anak TPQ. Kemudian di hari terakhir kegiatan mengajar anak – anak TPQ, pengurus HMPS Ekonomi Syariah juga melakukan Ziaroh Kubur bersama ke makam Kyai Ahmad Samsul Ma’arif yaitu pendiri Pondok Pesantren Nurul Huda dengan tujuan mendoakan para kyai, leluhur dan syuhada desa Langgongsari serta berdoa agar acara Tekun ini bisa berjalan samapai selesai tanpa adanya kendala apapun.

Kemudian pada tanggal 11/05/2024 kami melakukan kegiatan HMPS Ekonomi Syariah Bersholawat sebagai malam puncak diacara Terjun Untuk Lingkungan (TEKUN) ini. Dalam kegiatan ini Departemen Advokasi Sosial Agama melakukan collab dengan Departmen Ekonomi dan Kewirausahaan yang mempunyai proker Bazar. Tujuannya agar acara ini Bersholawat ini dapat membatu UMKM setempat dan tentunya agar acara tersebut  menarik   dikunjungi masyarakat sekitar. Acara HMPS Ekonomi Syariah Bersholawat ini diisi oleh Gus Ahmad Muhammad yang diringi grup hadroh Ahbabun Nabi dari Pondok Pesantren Nurul Huda Langgongsari, Cilongok.

Kegiatan Tekun 2024 HMPS Ekonomi Syariah meningkatkan kesadaran manusia dalam hubungan antar manusia dengan manusia sangatlah penting, serta menciptakan keharmonisan untuk sesama manusia dengan bersosial penuh untuk mencapai tujuan yaitu persatuan persaudaraan yang tidak terputus dengan cara pengabdian untuk masyarakat di sekitar serta menjaga lingkungan untuk generasi muda yang memegang peran penting sebagai agent of change dalam meningkatkan peran pelestarian lingkungan.

Sampai disini dulu ya sobat Milly untuk ceritanya, dan juga jangan lupa untuk stay tune terus kedepannya pasti masih banyak lagi cerita-cerita yang lebih seru pastinya buat kalian. See you Sahabat Milly.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

#P2R2024

#TEKUN2024

#Semangat Mikir Siap Bikin Orang Ketar Ketir

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *