KUNJUNGAN INDUSTRI BATIK ANTO DJAMIL HMPS ES: Melestarikan Budaya Batik Lokal dengan Kunjangan Industri

KUNJUNGAN INDUSTRI BATIK ANTO DJAMIL HMPS ES: Melestarikan Budaya Batik Lokal dengan Kunjangan Industri

Halo sobat Milly,
How are you today?

Milly datang membawa kabar yang menarik nih.. Berita yang akan Milly bahas ini tentang kegiatan dari HMPS Ekonomi Syariah yaitu Kunjungan Industri Batik Anto Djamil.

Dalam rangka melestarikan budaya batik lokal, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah HMPS ES mengadakan Kunjungan Industri (KI) ke perindustrian batik Anto Djamil. Kunjungan Industri adalah salah satu kegiatan yang menjadi program kerja perdana dari Departemen Ekonomi dan Kewirausahaan HMPS ES yang sudah terlaksana pada Sabtu, (09/9/2023).

Berlokasi di desa Arcawinangun, Purwokerto Timur, Banyumas, perindustrian batik ini sudah berdiri sejak tahun 2013 yang didirikan oleh Bapak Anto yang merupakan penduduk asli desa Arcawinangun. Di dalam pembuatan batik ini, Industri Batik Anto Djamil memiliki ciri khas yang unik dalam setiap pembuatan motif dan corak nya yaitu yang paling terkenal yaitu motif bakwan atau mendoan karena mengambil ciri khas dari daerah Banyumas yang terkenal dengan makanan mendoan nya.

Kunjungan industri ini memberikan kesempatan bagi seluruh anggota HMPS ES untuk mempelajari secara langsung proses pembuatan batik. Dari mulai mencanting dengan kain kafan sampai ke tahap finishing, seluruh anggota HMPS ES mencoba praktek langsung dalam membuat batik dengan sangag ulet dan juga antusias. Selama kunjungan, semua anggota diajak berkeliling ke fasilitas produksi dan diperkenalkan pada model manajemen kerja yang diterapkan oleh perusahaan.

Tujuan dari kegiatan kunjungan industri adalah para anggota HMPS ES lebih mengetahui bagaimana penerapan keilmuan yang selama ini dipelajari diperkuliahan. Selain itu, kunjungan industri juga mendukung program Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang mengharapkan mahasiswa belajar langsung di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka pelajari di kelas ke dalam dunia nyata. Dengan mengenal proses produksi dan manajemen kerja yang baik, diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan wawasan yang berguna untuk karier mereka di bidang manajemen di masa depan.

Sampai disini dulu ya sobat Milly untuk ceritanya, dan juga jangan lupa untuk stay tune terus kedepannya pasti masih banyak lagi cerita-cerita yang lebih seru pastinya buat kalian. See you sobat Milly.đź‘‹

Pendidikan, Pelatihan, dan Riset…

Small Input, Big Output.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *