TRAINING OF ESSAY HMPS EKONOMI SYARIAH 2023

TRAINING OF ESSAY HMPS EKONOMI SYARIAH 2023

Halo sobat Milly,
How are you today?

Milly datang membawa kabar yang menarik nih.. Berita yang akan Milly bahas ini tentang kegiatan dari HMPS Ekonomi Syariah yaitu Training Of Essay.

 

Dalam upaya membudayakan karya tulis dan menggeliatkan komunitas kepenulisan di lingkup mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah mengadakan acara Training Of Essay yang merupakan program kerja perdana dari Departemen Pendidikan, Pelatihan dan Riset (P2R) HMPS ES yang telah terlaksana pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 yang bertempat di Gedung Studi Center UIN SAIZU dengan tema “Meningkatkan Produktivitas Kepenulisan Esai dalam Pengembangan Potensi Mahasiswa Berprestasi” bersama pemateri Bpk. Naerul Edwin Kyky Aprianto, M.E. (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SAIZU), acara ini diikuti oleh 50 mahasiswa dengan sangat antusias dan interaktif.

Mahendrati Sekar Palupi selaku ketua acara dalam sambutannya mengatakan “Training Of Essay ini merupakan program kerja dari HMPS Ekonomi Syariah terkhususnya dari departemen P2R. Dengan penuh harapan, saya ingin mahasiswa UIN SAIZU dapat melahirkan mahakarya berupa tulisan yang bagus dan baik serta mampu meraih prestasi-prestasi yang ada di dunia kepenulisan esai sehingga mampu mengharumkan nama dari UIN SAIZU tercinta. Sehingga untuk mendapatkan skill menulis tersebut harus dimulai sejak dini, salah satunya melalui Training Of Essay ini”. ucap kak Sekar.

Acara ini dibuka oleh Ketua HMPS Ekonomi Syariah, Muhammad Afrizal Pradana dalam sambutannya kak Afrizal mengatakan bahwa mahasiswa harus memiliki karya khususnya dalam bidang menulis, baik menulis esai, jurnal ataupun penelitian. Harapannya, apabila terus menulis dan berkarya, mahasiswa tidak hanya belajar namun juga mengembangkan diri dan terus maju menuju mahasiswa yang berprestasi sesuai dengan tema Training Of Essay kali ini. Acara ini terbuka untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan mahasiswa umum dari UIN SAIZU.

Esai merupakan sebuah karangan prosa yang membahas suatu masalah sepintas dari sudut pandang penulisnya. “Esai itu seakan-akan kita menulis seperti berbicara kepada orang lain”, tegas pemateri. Sebelum menulis sebuah esai tentunya kita harus mengetahui, kenapa sih kita harus menulis?. Pemateri menuturkan “Dengan menulis setidaknya ada 3 poin keuntungan yang dapat kita dapatkan. Pertama, tidak cepet lupa. Kedua, kita akan menjadi orang berfikir secara kritis dan sistematis. Ketiga, sebagai mahasiswa kita bisa pergi ke belahan dunia manapun dengan tulisan dan bahkan bisa merubah hidup kita dan orang lain. Karena dengan menulis kita bisa mendoktrin dan lebih dekat dengan pembaca secara emosional.” ujar Bpk. Naerul Edwin Kyky Aprianto, M.E.

Kemudian pemateri melanjutkan dengan menjelaskan beberapa langkah dalam menulis esai. Mulai dari menentukan topik, judul, membangun paragraf dari pikiran pokok dan pengembang yang ada hingga menyusun paragraf beserta kesimpulannya. Dalam acara ini para peserta melatih kepenulisan esai didukung menggunakan 2 aplikasi yaitu Mendeley dan Publish or Perish.

Dilanjutkan acara selanjutnya yaitu sesi diskusi dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada pemateri. Yang nantinya akan ada Doorprize kepada 2 peserta terbaik dalam bertanya. Training Of Essay kali ini diakhiri pada pukul 15.30 WIB dengan pengumpulan pre-test dan post-test dibarengi pembagian sertifikat untuk peserta. Diakhir kegiatan ada sesi foto bersama panitia dan peserta. Besar harapan kami semoga dengan adanya acara Training Of Essay ini mampu menjadi wadah bagi para peserta dan menjadikan media untuk kita belajar bersama-sama.

 

Sampai disini dulu ya sobat Milly untuk ceritanya, dan juga jangan lupa untuk stay tune terus kedepannya pasti masih banyak lagi cerita-cerita yang lebih seru pastinya buat kalian. See you sobat Milly.👋🏻

Pendidikan, Pelatihan, dan Riset…

Small Input, Big Output.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *