SEMINAR NASIONAL HMPS EKONOMI SYARIAH 2023 (KPP X OJK)

SEMINAR NASIONAL HMPS EKONOMI SYARIAH 2023 (KPP X OJK)

Halo sobat Milly,
How are you today?

Milly datang membawa kabar yang menarik nih.. Berita yang akan Milly bahas ini tentang kegiatan dari HMPS Ekonomi Syariah yaitu Seminar Nasional 2023.

 

Purwokerto, 10 Juli 2023 Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN SAIZU Purwokerto menggelar Seminar Nasional 2023 dengan mengangkat tema “Peran Agent Of Change Dalam Meningkatkan Performa Perpajakan Nasional Serta Pengenalan Pasar Modal Sebagai Fashion Investasi Masa Kini”. Acara Seminar Nasional ini merupakan Proker ke-2 dari Departemen P2R dan bisa dibilang Proker terakhir dari Departemen P2R, kegiatan ini merupakan kegiatan Seminar Nasional perdana yang telah dilaksanakan secara offline yang dari masa periode sebelum-sebelumnya masih dilaksanakan secara online, yang bertempat di Auditorium Kampus UIN SAIZU dimulai pada pukul 08.00 – 12.00 WIB. Seminar Nasional yang terbuka untuk umum ini dihadiri ratusan Mahasiswa dengan total mencapai target 200 peserta dari Mahasiswa UIN SAIZU dan Juga Kalangan Mahasiswa Umum dari berbagai daerah.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menghadirkan dua narasumber dari masing-masing KPP & OJK yaitu narasumber pertama Bapak Dodi Eko Purwito, A. Md. (Penyuluh Pajak KPP Pratama Purwokerto) dan narasumber kedua Ibu Kampita Kusuma Sari (Senior Executive Trainer PT. Phintraco Sekuritas Cabang Yogyakarta). Dalam kegiatan ini HMPS ES didukung oleh banyak Channel Sponsored guna kelancaran dalam acara ini diantara yaitu ada Wardah, GKP Purwokerto, Superskin, Vibesroom, Indo Kampus, Mekar Jaya, Toko Mas Kroya, Toko Jadi Baru Kroya dan PT Karawitan. Selain ada Sponsored juga terdapat Media Partner yang sudah mendukung penuh dalam acara ini yaitu ada media partner RRI PRO 2 Purwokerto, Megantara FM, Mitra FM, Radio Star UIN SAIZU, Info Event, Ikut Event, Point Kampus, Syariah Semedulur, dan Info Seminar.

Rangkaian acara tersebut diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh MC, yaitu saudari Rachmi Putri mahasiswa dari FEBI English Club (FEC), saudari Mu’jizatul Khayati mahasiswa dari FEBI Arabic Club (FAC), dan saudara Destrian Bimantara Effandy mahasiswa Ekonomi Syariah. Selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Jaja Abdurrozak mahasiswa dari UIN SAIZU. Selanjutnya sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari Ketua Panitia saudara Amar Pradana. Sambutan yang kedua dari Ketua HMPS ES saudara Muhammad Afrizal Pradana sekaligus membuka acara Seminar Nasional 2023.

Acara selanjutnya yaitu diisi dengan penampilan tarian Guci yang dimainkan oleh saudari Giska Tri Wida pengurus HMPS ES dan juga ada penampilan dari Zaniah Arohmah yang dipandu oleh dua Host yaitu saudara Iqbal Asyraf Junius dan saudari Nuning Ermawati.

Selanjutnya adalah acara inti Seminar Nasional yaitu penyampaian materi yang disampaikan oleh Bapak Dodi Eko Purwito, A. Md. dan Ibu Kusuma Kampita Sari. Materi yang pertama disampaikan oleh Bapak Dodi Eko Purwito, A. Md. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), didalamnya yaitu ada 2, Pendapatan Negara Dan Belanja/Pengeluaran Negara. Pendapatan negara sendiri ada Pajak, Hibah, dll. Sedangkan untuk belanja yaitu untuk Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Pendapatan Negara sendiri dari Pajak Tahun Ini 82,06%, dan itu di distribusikan kepada rakyat berupa pembangunan Infrastruktur dan lainnya. Diakhir penyampaian materi, beliau juga menyampaikan sebuah pesan kepada kita semua yaitu “Apapun Profesimu nantinya jangan lupa untuk taat membayar pajak. Jangan mengomentari tapi berkontribusi.” ujar Bpk. Dodi.

Materi yang selanjutnya disampaikan oleh Ibu Kusuma Kampita Sari. Beliau menyampaikan materi
mengenai Pasar Modal. Pasar Modal yaitu tempat bertemunya orang yang butuh modal dan orang AACC yang akan berinvestasi. Investasi yaitu pada
-Properti, -Emas, -Reksadana, -Saham.
Properti dan Emas merupakan media investasi yang sudah dikenal dan banyak diketahui oleh masyarakat. Reksadana = Ada Satu Orang Yang menguasai ataupun sebagai pengendali. Saham = Perorangan/surat berharga bukti atas kepemilikan dari sebuah saham perusahaan, didalam saham Ada Istilah2nya.
-Capital Gain (Selisih nilai beli dan nilai Jual).
-Dividen (Pembagian Keuntungan).
-Capital Loss (Kebalikannya dari Capital Gain).
Resiko dari Investasi Saham
-Perusahaan Bangkrut.
-Capital Loss.
-Perusahaan Gagal Bayar.

Setelah penyampaian inti, acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab dibarengi dengan banyak Doorprize dari Sponsored yang akan diberikan kepada peserta yang menjawab beberapa pertanyaan dengan benar dan cepat, kemudian dilanjut pembagian sertifikat kepada para peserta dan pengumpulan pre-test dan post-test dan pada akhir rangkaian acara yaitu penyampaian kesimpulan oleh moderator dari pengurus HMPS ES yaitu saudara Mubedi, dan kemudian ditutup oleh MC, dilanjut sesi foto bersama seluruh peserta beserta panitia Seminar Nasional.

Para peserta sangat berantusias dalam acara tersebut. Dengan adanya acara tersebut diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan dan wawasan peserta serta dapat memotivasi para peserta untuk menjadi seorang agent Of change dalam meningkatkan performa dalam dunia perpajakan, serta lebih mengenal dunia pasar modal sebagai investasi masa kini terkhusus Mahasiswa Ekonomi Syariah di masa yang akan datang.

 

Sampai disini dulu ya sobat Milly untuk ceritanya, dan juga jangan lupa untuk stay tune terus kedepannya pasti masih banyak lagi cerita-cerita yang lebih seru pastinya buat kalian. See you sobat Milly.👋

Pendidikan, Pelatihan, dan Riset…

Small Input, Big Output.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *